MAJU TERUS PENYULUH PERTANIAN

Selasa, 17 Agustus 2010

SAWO UNGGULAN SUMEDANG (Sukatali ST I)



Sawo ( Acrhras zapota. L ) yang disebut neesbery atau sapodilas adalah tanaman buah yang berasal dari Guatemala (Amerika Tengah), Mexico dan Hindia Barat. Manfaat tanaman sawo selain sebagai makanan buah segar atau bahan makan olahan, sawo juga penghasil getah untuk bahan baku industri permen karet, dan penghasil kayu yang sangat bagus untuk pembuatan perabotan rumah tangga. Peluang bisnis buah sawo sangat besar, karena produksi sawo di Indonesia sampai saat ini belum banyak diekspor ke luar negeri dan hasil panennya hanya mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Produksi sawo Kabupaten Sumedang tahun 2006 mencapai 14.070 kuintal yang merupakan produksi ke 3 terbesar di Jawa Barat setelah Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Garut.  Tahun 2007 produksi sawo Kabupaten Sumedang meningkat dari tahun 2006 dengan total produksi 18.631 kuintal.

Varietas sawo yang dikembangkan di Kabupaten Sumedang adalah varietas Sukatali ST-1 yang telah dirilis oleh Menteri Pertanian tahun 2002 sebagai varietas unggul. Keunggulan sawo sukatali adalah; 1) Masa pembuahan yang tidak mengenal musim, 2) Konsisten berbuah sepanjang tahun, 3) Daging buah halus dan tidak berserat, 4) Rasa daging buah enak dan manis, 5) Daya simpan buah yang lebih lama, 6) Bentuk pohon rindang

Selain berbagai keunggulan di atas, sawo Sukatali ST 1 juga tergolong pada buah-buahan bergizi. Hasil analisis Laboratorium Kimia Pangan UNPAD kandungan gizi sawo Sukatali ST 1 sebagai berikut: .

 Kadar air 
- Metode oven 77,22 %
- Metode destilasi 66,24 %
Kadar tannin (berat basah ) 0,15 %
Kadar total asam (berat basah) 0,08%
Kadar pati (berat basah) 1,27%
Kadar gula reduksi (berat basah) 3,92%
Kadar gula total (berat basah) 7,29%
Kadar Vit. C (mg/100 g) 8,39 mg

Orang mengenal buah sawo Sukatali ST1 antara lain karena tipikal buahnya. Buah sawo Sukatali ST1 memiliki keistimewaan, antara lain, rasanya sangat manis dan tidak mudah busuk. Selain itu, jika ditekan, terasa tidak lembek. Konsumen sering terkecoh karena menyangka buah sawo masih mentah. Buah Sawo Desa Sukatali memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan vit C buah ini dinilai lebih tinggi dibandingkan apel.

4 komentar:

Hebat.... Go go Sawo Sukatali!!

@Asep Supriatna Trim's kunjungannya

tiasa pesen kanggo icaleun deui di daerah purwakarta teu?

ada yang bisa saya hubungi,,, saya mau beli sawonya untuk dijual kemabali ke supermaket. atau bisa hubungi saya di nomor 082217610036

Posting Komentar