Pangan Pokok Bukan Hanya Beras

Minggu, 03 Oktober 2010

Tembakau Sumedang




Tembakau seringkali  diidentikan dengan rokok dan nikotin yang berakibat buruk bagi kesehatan., padahal tembakau banyak memiliki manfaat positif bagi manusia. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:
  • Bahan baku pembuatan pestisida nabati untuk pengendalian hama penyakit tanaman
  • Melepaskan gigitan lintah yang menempel pada kulit
  • Bahan pembuatan protein anti kanker
  • Obat luka,
  • Obat HIV aids
  • Dan banyak lagi manfaat lain yang sedang dikembangkan melalui berbagai penelitian

Terlepas dari kontraversi pemanfaatan tembakau, komoditi tersebut telah berperan dalam perekonomian masyarakat Sumedang. Menurut Ujang Rohma, Ketua Assosiasi Petani Tembakau Indonesia  Cabang Sumedang, Produksi  tembakau Kabupaten Sumedang dalam tahun terakhir sekitar 1.200 ton, dengan lokasi pertanaman menyebar di 25 Kecamatan. Tembakau yang dihasilkan tergolong pada kelompok tembakau Mole dengan bulan panen sekitar Mei-Oktober.  
Secara teoretis, petani akan melaksanakan usaha secara konsisten apabila usaha yang dikelolanya mampu mendatangkan keuntungan. Luasnya pertanaman tembakau di Kabupaten Sumedang, mengindikasikan bahwa komoditi tersebut mampu menopang kehidupan keluarga tani di Perdesaan. Selain itu dana bagi hasil cukai tembakau juga merupakan potensi untuk pembiayaan pembangunan daerah.
Menurut Ujang Rohma, tanpa mengesampingkan berbagai permasalahan yang dihadapi petani ,salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan tembakau di Kabupaten Sumedang adalah belum terjalinnya  kemitraan usaha antara petani dengan pengusaha berbasis usaha tembakau. Hal ini antara lain disebabkan belum optimalnya dinamika kelompok petani tembakau. Menurutnya hal tersebut sangat diperlukan karena perusahaan yang akan menjalin kemitraan dengan petani tembakau hanya mau bermitra dengan petani  secara berkelompok.  

Informasi kontak bisnis:
Ujang Rohma (Ketua Assosiasi Petani Tembakau Indonesia) Cabang Sumedang
Alamat Dusun Talingkup Desa Suasari Kecamatan sukasari Sumedang-Jabar
HP : 081320627722

0 komentar:

Poskan Komentar