MAJU TERUS PENYULUH PERTANIAN

Rabu, 12 Januari 2011

Indeks Pertanaman 5000


Suatu hari, saya diajak Bapak Kepala Dinas untuk mengikuti panen perdana IP padi 300 di salah satu kabupaten, acara tersebut berlangsung meriah dan mampu membuat peserta terkagum-kagum terhadap keberhasilan program di kabupaten yang bersangkutan.
Dalam perjalanan pulang, pembicaraan di atas kendaraan tidak terlepas dari topik keberhasilan program IP padi 300 dan rencana aplikasi program di kabupaten tempat saya bertugas. Sambil bercanda Bapak Kepala Dinas berkata “ saya mau menguji penyuluh saya, kalau kabupaten lain bisa sukses pada program IP 300 bisa tidak kabupaten kita meniru?”. Dengan spontan saya jawab “IP 300 persoalan kecil, kalau mau kita bisa capai IP 5000”. Bapak Kepala dinas tampak terkejut dan bertanya “ itu hal mustahil, komoditi apa yang akan kamu gunakan?”. Kembali Saya jawab dengan spontan “ kacang hijau pak”. Rupanya Bapak Kepala Dinas belum puas dan memberikan sanggahan “ kacang hijau kan umurnya 60 hari jadi dalam 1 tahun maksimal kita bisa tanam 6 kali jadi IP nya maksimal 600”  Sambil tersenyum saya jawab” betul pak kalau dipanen polong, tapi kalau dipanen kecambah dalam 1 tahun minimal kita bias tanam 50 kali, jadi minimal IP kita bisa 5000”  Di luar dugaan Bapak Kepala Dinas terbahak-bahak sampai menitikan air  mata dan berkata “ saya bangga punya penyuluh seperti anda”

0 komentar:

Posting Komentar