MAJU TERUS PENYULUH PERTANIAN

Senin, 30 Juli 2012

bab iv evaluasi pelaksanaan penyuluhan


BAB IV GAMBARAN UMUM PENYULUHAN DI KABUPATEN SUMEDANG

4.1. Sumberdaya Penyuluh
Proses alih teknologi pertanian pada dasarnya merupakan tanggung jawab utama penyuluh pertanian, perinakan dan kehutanan. Jumlah penyuluh yang ada di Kabupaten Sumedang tahun 2009 seluruhnya 264 orang terdiri dari 142 orang penyuluh pertanian PNS, 22 orang penyuluh kehutanan dan 100 orang tenaga harian lepas-tenaga bantu penyuluh pertanian seperti terlihat pada gambar 1.

4.2. Sarana dan Prasarana Penyuluhan
Dilihat dari aspek ketersediaan sarana dan prasarana penyuluhan yang tersedia di tingkat Kabupaten dan BPP/Kecamatan secara umum masih sangat terbatas baik kualitas maupun kuantitasnya. Sebagai gambaran, kondisi penunjang kerja di tingkat Kabupaten seperti mebeulair (meja kursi , lemari arsip, lemari perpustakan) sebesar 65% berkatagori rusak ringan sampai berat, bahkan sebanyak 14 BPP belum memilikinya. Sarana pendukung kegiatan penyuluhan berupa komputer dan peralatan audiovisual (OHP, infokus, ware less, soud system) dan alat bantu lainnya sampai saat ini belum dimiliki. Kondisi ini mengakibatkan daya dukung tingkat Kabupaten untuk memfasilitasi pemecahan masalah penyuluhan yang dihadapi tingkat kecamatan dan desa kurang sesuai harapan. 
Demikian halnya sarana dan parasara yang ada di BPP, dari 26 Kecamatan yang ada baru 14 BPP yang telah memiliki bangunan. Sarana komputer baru ada di 8 BPP, mebeuliar (meja dan kursi) yang layak baru terpenuhi 20% dari kebutuhan, sedangkan alat bantu audio visual kondisinya rusak berat bahkan 14 BPP belum memilikinya.
Sarana mobilitas kerja berupa kendaraan roda 4 yang ada pada Badan Ketahanan Pangan, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sumedang hanya 1 unit dan kondisinya sangat tidak memadai, sehingga membatasi mobilitas tingkat Kabupaten dalam pelaksanaan koordinasi, supervisi, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan penyuluhan pertanian di lapangan. 
Di tingkat lapangan, Penyuluh Pertanian belum memilki sarana Balai Pertemuan Penyuluh dan Petani, sedangkan kendaraan roda dua baru 70% mengakibatkan kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Penyuluh Pertanian yang belum dilengkapi dengan fasilitas kendaraan roda dua cenderung belum optimal. 
4.3. Kelompok tani
Jumlah kelompoktani yang ada di Kabupaten Sumedang tahun 2009 seluruhnya 1.790 kelompok tersebar di 26 kecamatan. Dilihat dari aspek dinamika, secara umum perkembangan kelompoktani belum sesuai dengan harapan. Hal tersebut antara lain terlihat dari sedikitnya jumlah kelompok yang telah mencapai kelas utama yaitu sekitar 45 kelompok. Komposisi kelompoktani berdasarkan tingkat kemampuannya dapat dilihat pada Gambar 2.


4.4. Sistem kerja
Penyelenggaraan penyuluhan di Kabupaten Sumedang dilaksanakan dengan menggunakan sistem kerja latihan dan kunjungan (LAKU). Latihan diperuntukan bagi penyuluh pertanian yang diselenggarakan di 13 BPP yang ada di Kabupaten Sumedang: kegiatan pelatihan diselenggarakan setiap dua minggu sekali. Selain pelatihan, pertemuan BPP juga digunakan sebagai ajang curah pendapat dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh penyuluh pertanian. 
Hasil pelatihan penyuluh di BPP merupakan bahan bagi penyuluh dalam melakukan pembinaan kepada petani yang dilaksanakan melalui berbagai metode yang diselaraskan dengan pelaksanaan kunjungan penyuluh kepada kepada kelompoktani
4.5. Dst




4 komentar:

Salam kenal Saya TKI DI MALAYSIA
Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
BANTUAN DARI KI BARONG
1.PESUGIHAN
2.TOGEL
3. DANAH GHAIB
4.PENGGANDAAN UANG
5.UANG BALIK
6.PEMIKAT
7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda memilih jln pintas buat masalah Anda.

Posting Komentar