MAJU TERUS PENYULUH PERTANIAN

Senin, 30 Juli 2012

Pengantar dan Bab I Evaluasi Pelaksanaan Penyuluhan


PENGANTAR 
Tulisan ini saya buat karena banyak permintaan rekan penyuluh Sumedang yang meminta saya untuk meng-Upload naskah evaluasi pelaksanaan penyuluhan. Untuk efisiensi penyajian naskah asli terpaksa banyak dipotong karena terlalu banyak. Saya yakin tulisan ini bukan yang terbaik, namun paling tidak dapat dimanfaatkan sebagai bahan rujukan untuk membuat naskah evaluasi penyuluhan yang lebih baik. Banyak hal yang belum dibahas dan disajikan dalam tulisan ini misalnya evaluasi terhadap jumlah sasaran yang mengalami perubahan perilaku, namun demikian saya berkeyakinan bahwa rekan-rekan akan mampu untuk mengembangkannya. Saran dan masukan untuk perbaikan tulisan ini sangat diharapkan, karena terus terang saja referensi yang saya miliki juga sangat terbatas. Trims


BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Penyuluhan pertanian pada dasarnya merupakan  proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan,dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup. Agar tujuan penyuluhan dapat tercapai secara efektif dan efisien, maka peyelenggaran penyuluhan harus berdasarkan pada programa penyuluhan.
Programa penyuluhan pertanian merupakan rencana yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pedoman sebagai alat pengendali pencapaian tujuan penyuluhan. Programa penyuluhan pertanian disusun setiap tahun memuat rencana penyuluhan tahun berikutnya dengan memperhatikan siklus anggaran pada masing-masing tingkatan dengan cakupan pengorganisasian, pengelolaan sumberdaya sebagai pelaksanaan penyuluhan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan penyuluhan, maka programa penyuluhan perlu dievaluasi.
Evaluasi  programa punyuluhan merupakan  proses untuk menentukan relevansi, efisiensi, dan efektivitas, penyuluhan  sesuai dengan tujuan yang akan dicapai secara sistematik dan obyektif. Manfaat dari hasil evaluasi penyuluhan antara lain: menentukan tingkat perubahan perilaku petani, untuk perbaikan program, sarana, prosedur, pengorganisasian dan pelaksanaan penyuluhan pertanian dan untuk penyempurnaan kebijakan penyuluhan pertanian.
1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka dapat diidentifikasi beberapa permasalahan sebagai berikut:
  • Seberapa jauh pencapaian tujuan khusus penyuluhan
  • Seberapa jauh pelaksanaan metode penyuluhan dapat dilaksanakan

1.3. Tujuan Evaluasi
Tujuan yang ingin dicapai dari evaluasi programa penyuluhan adalah mengetahui :
  • Pencapaian tujuan khusus kegiatan penyuluhan.
  • Pencapaian Pelaksanaan metode penyuluhan

1.4. Kegunaan Evaluasi
Hasil evaluasi diharapkan dapat bermanfaat untuk :
  • Menentukan tingkat perubahan perilaku petani setelah penyuluhan dilaksanakan;
  • Perbaikan program, sarana, prosedur, pengorganisasian petani dan pelaksanaan penyuluhan pertanian; 
  • Penyempurnaan kebijakan penyuluhan pertanian





0 komentar:

Posting Komentar